Memahami Karya Sastra "bukan sekedar membaca"

Tujuan utama dari pengajaran sastra adalah untuk membentuk sikap siswa yang apresiatif dan kreatif terhadap sastra dan bahasa secara umum. Namun, bukan berarti sastra juga tak memberi sumbangan terhadap perkembangan budi pekerti. Karena jika siswa atau mahasiswa sudah mampu bersikap apresiatif terhadap karya sastra, maka mereka sekaligus juga mampu menangkap nilai-nilai dan amanat yang ada dalam karya tersebut. Mengapa demikian?

Sebuah karya sastra, misalnya karya yang monumental sebutlah Mahabhatara dan Ramayana atau di Indonesia seperti
Siti Nurbaya, Salah Asuhan ataupun Sengsara Membawa Nikmat bahkan sekalipun sebuah Novel Remaja, memberikan amanat penting yang bisa menuntun seorang manusia dalam menjalankan hidupnya di dunia nyata, Artinya selain belajar menilai karya sastra, siswa juga bisa menyerap nilai budi pekerti yang terkandung di dalam karya itu.

Agar karya sastra bisa dipelajari dengan baik sehingga merangsang siswa untuk apresiatif maka sastra itu harus diajarkan dengan enak, menarik dan kreatif. Hal yang pertama harus dilakukan dalam pelajaran sastra itu siswa harus mampu menilai karya sastra. Siswa memahami teks sastra, baik segi instrinsik maupun ekstrinsik. Dalam pembelajaran sastra di sekolah hal ini masalah pemahaman sastra ini sangat memprihatinkan karena kegiatan “menilai” karya sastra baru sebatas pengetahuan (knowledge) yang berkutat pada apa itu sastra, siapa pengarangnya dan lain-lain.

Jadi bukan ke inti persoalan bagaimana sastra memberi ruang yang komprehensif pada siswa untuk menaruh penghargaan pada sastra dan sastra memberi kontribusi fragmatis untuk kehidupannya sebagai manusia berbudaya. Solusinya, nilailah karya sastra secara menyeluruh melalui strategi penugasan dan diskusi. Dalam hai ini sangat dibutuhkan guru yang memiliki kompetensi yang memadai. Caranya, walaupun agak ekstrem perlu dipikirkan untuk mengadakan sertifikasi bagi calon guru pcngajar sastra yang sekarang lebih banyak disatukan dengan guru pengajar bahasa.

Selain itu, siswa juga diarahkan untuk mampu menulis karya sastra yang baik dan kreatif, Caranya, pertama, menumbuhkan motivasi siswa untuk menulis kreatif. Kedua, penanaman teori elementer tentang menulis kreatif (menulis sastra). Ketiga, pelatihan atau pembelajaran penulisan kreatif secara kontinu dan adanya proses evaluasi dan guru. Keempat, memberi ruang bagi karya sastra siswa, seperti majalah dinding, majalah sekolah, media massa. Kelima, menumbuhkan iklim atau atmosfer pergaulan kreatif di tengah komunitasnya (di kelas, di sanggar sekolah atau di sekolah itu sendiri).

Proses belajar atau mengajar sastra di sekolah harusnya berani untuk keluar dari kurikulum resmi yang ditetapkan oleh lembaga resmi pendidikan. “Keluar” dari kurikulurn maksudnya adalah seorang guru harus berani mendobrak batasan-batasan pengajaran sastra yang selama ini dilakukan secara konvensional. Jika hanya mcngandalkan kurikulum rcsmi maka waktu yang efektif untuk belajar sastra sangatlah terbatas. Apalagi selama ini pelajaran sastra masih digabung dengan pelajaran bahasa secara umum.

(Landong kesel nulis wengi-wengi diudag-udag ku tunduh, ieu tulisan teh duka rapih duka henteu da tos blank. He he he)



Posting Komentar

0 Komentar